Jumat, 06 Mei 2016


Meningitis bisa mengakibatkan kematian? Ya, begitu pula demam berdarah dengue, malaria, dan diare berkepanjangan yang tak segera ditangani secara medis.

Jika meningitis, terutama karena bakteri, tak segera tertangani akibatnya bisa buruk. Selain kematian adalah kerusakan otak dan organ lainnya.

Meningitis bisa menular, apalagi dalam situasi sesak bermukim dan kelelahan tubuh mendera.

Itu sebabnya sejak 2002 pemerintah Arab Sudi mewajibkan jemaah umrah dan haji dari negeri mana pun sudah divaksinasi ACYW135 untuk mencegah meningitis.

Untuk jemaah dari beberapa negeri Afrika, misalnya Nigeria dan Sudan, malah harus minum obat setibanya di pelabuhan dan bandar udara.

Dengan cara apa meningitis menyerang? Yang umum melalui hidung, saluran pernapasan atas, dan telinga -- terutama ketika daya tahan tubuh merosot. Si bibit penyakit itu menyusup ke dalam darah sehingga terangkut ke otak.

Si bibit penyakit itu selain virus dan bakteri ada juga jamur. Yang ini biasanya menyerang orang yang kekebalan tubuhnya sangat payah, misalnya karena HIV/AIDS.

Informasi ini hanya panduan awal. Untuk memastikan meningitis pada seorang pengidap gejala, seperti dalam infografik, haruslah diperiksa oleh dokter.

Bahan dirangkum dari pelbagai sumber antara lain Wikipedia, WebMD, dan Alo Dokter.


EmoticonEmoticon